Peta Pengunjung

Daerah Asal Pengunjung

KOTAK SARAN


ShoutMix chat widget

Sugeng Rawuh

Assalamualaikum wr. wb semoga dengan blog ini MSI 18 Medono Pekalongan bisa lebih maju dan sanggup mencerdaskan dan mengubah kehidupan bangsa ini Amin Wassalamualaikum wr. wb

Guru Punya Peranan Penting Dalam Pendidikan

26-06-2009 10:39:15 |
Jakarta, - Dalam sebuah proses pendidikan, posisi guru merupakan yang sangat...

strategis dan mempunyai peran yang penting di dalam menyebarluaskan pendidikan, khususnya pendidikan persekolahan. Oleh sebab itu pekerjaan guru bukan hanya sekedar mengajar tapi harus profesional di dalam melaksanakan tugasnya.
Kenapa guru harus profesional, sebab kinerja guru berkontribusi terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan (output) dan berlanjut pada kualitas kinerja dan jasa para lulusan tersebut (outcome) dalam pembangunan, dan akan berpengaruh pada kualitas peradaban dan martabat hidup masyarakat, bangsa serta umat manusia,kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ir Tian Belawati Ph D di Jakarta, kemarin.
artikel ini juga ada di sini

Namun untuk menghasilkan guru yang profesional dan berkualitas harus ada upaya penyiapan dan pengembangan secara terus menerus, terencana dan berkesinambungan, mengingat tuntutan standar kualitas serta kebutuhan di lapangan juga terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan.
Lebih lanjut Tian Belawati mengatakan sikap profesional guru perlu ditunjang pula oleh sikap mandiri. Kemandirian merupakan salah satu sikap yang seyogyanya dimiliki oleh setiap orang, sebab sikap mandiri merupakan implementasi pengaturan potensi diri sendiri dan tidak mudah bergantung pada orang lain.
Kemandirian guru dapat diwujudkan dengan cara menunjukkan prakarsa dalam menilai diri sendiri ketika melaksanakan pembelajaran (refleksi) dan berupaya mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah,jelasnya.
Selain kemandirian, guru juga harus mempunyai etos kerja yang tinggi, Etos kerja guru dapat ditunjukkan dengan cara membangun suasana ilmiah dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan berbagai sumber belajar.
UT sendiri merasa perlu untuk terus meningkat kompetensi guru, ibaratnya UT merupakan jalan raya bagi guru, sedangkan guru merupakan mobilnya yang haus akan bensin. Tapi bensin itu di dapat dari Pemda berupa beasiswa,jelas Tian yang menurutnya UT sudah meluluskan 750 ribu guru.
Dengan demikian ke depan profesi guru bukan lagi sebagai profesi sampingan atau pelarian tapi sudah menjadi cita-cita anak bangsa. Seperti halnya di negara Singapur guru di dapat dari 30 persen siswa terbaik dari lulusan sebuah SMA. (mth) -Pelita-

0 komentar:

Profil Sekolah

Foto Saya
msi 18 medono
Sebuah sekolah swasta yang berada di desa medono kecamatan Pekalongan Barat
Lihat profil lengkapku

MSI 18 MEDONO PEKALONGAN

Pengunjung On line